Tahapan Rumit Sebelum Berhasil Debut Sebagai Artis Kpop | K-Netizens

0

          Di dalam industri Kpop yang kita kenal selama ini dengan yang manis-manisnya saja. Pernah tidak kalian berpikir, gimana sih mereka bisa jadi artis Kpop yang mendunia? Tahapan apa aja yang mereka lalui hingga menjadi sukses seperti sekarang? Jika kalian berpikir semuanya itu mudah, jawabannya salah. Menjadi artis Kpop terkenal itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Seorang calon artis harus melewati berbagai rintangan dan tahap yang harus mereka hadapi satu demi satu. Yang bahkan sangat mengorbankan kegiatan rutin sehari-hari dan bahkan sekolah mereka. Tidak sedikit murid SMA yang putus sekolah demi mencapai impian mereka sebagai artis kpop dan berhasil debut. Sebelum mereka bisa bisa tampil debut sebagai artis, mereka harus mengikuti masa training yang cukup lama. Sehingga hanya yang berkualitas saja yang terpilih.


          Persaingan di dunia K-Pop sangatlah ketat, oleh karena itu masa training adalah masa yang sangat penting, karena dapat menentukan artis tersebut mampu bersaing atau tidak dengan artis lainnya.
Selain training, ada tahap lain yang tak kalah berat yang harus dilewati para calon idol di Korea.

          Sebelum pergi ke tempat audisi, para calon idol biasanya akan melakukan training mandiri agar dapat tampil sempurna di depan juri audisi. Rata-rata idola saat ini mulai ikut audisi saat usia anak-anak. Mereka harus mengimbangi antara kegiatan sekolah dan persiapan untuk ikut audisi. Dan pastinya akan membuat mereka super sibuk sekali. Karena jadwal sekolah mereka saja sudah padat, bagaimana jika ditambah dengan masa training sebelum audisi? Tidak heran banyak yang putus sekolah karena stress tidak bisa membagi waktunya.


          Setelah merasa siap, para calon idol yang didominasi usia anak dan remaja ini mulai mengikuti audisi di beberapa agensi besar hingga menengah. Mengikuti lebih dari 30 audisi di berbagai agensi adalah hal yang lazim bagi remaja di Korea yang ingin menjadi idol. Tapi, untuk dapat di terima audisi tidaklah mudah. Hanya orang yang berkualitaslah yang terpilih. Maka dari itu terkadang banyak yang kecewa, mereka sudah berlatih dengan sungguh-sungguh namun saat audisi dimulai, mereka tertolak.


          Setelah lolos audisi, para calon idol akan langsung mendapat kontrak dari agensi yang bersangkutan untuk mengikuti masa training. Rata-rata agensi memberikan masa training selama 2 hingga 4 tahun. Itu pun tak menjamin mereka akan debut secara pasti. Tak jarang seorang trainee pindah dari satu agensi ke agensi lain hingga berhasil debut sebagai artis. Ibaratnya begini "Mati satu tumbuh seribu" Jika tertolak di satu agensi, mereka akan berusaha sekeras mungkin mencari agensi lain yang dapat mendebutkan mereka. Sama halnya seperti seorang penulis yang ingin menerbitkan naskah mereka ke penerbit mayor. Meski tertolak sana-sini, mereka tidak menyerah untuk mencari penerbit lain yang bisa menerima naskah mereka.


          Seorang trainee belum bisa tenang sebelum ia dianggap layak oleh agensi. Mereka akan berkompetisi dengan trainee lainnya hingga terpilih trainee terbaik untuk didebutkan. Dari puluhan trainee, hanya beberapa orang saja yang berhasil mendapat kontrak untuk debut sebagai artis. Karena persaingan antara sesama trainee sangat ketat. Jika kita malas sedikit saja, posisi yang dimiliki akan dengan cepatnya terebut oleh orang lain. Menjadi yang terbaik dari yang terbaik adalah pilihan yang harus dicapai. Karena selera agensi sangat tinggi, mereka tidak menginginkan trainee dengan skill rendahan.


          Bagi beberapa trainee, jadwal latihan yang menguras waktu dan tenaga seringkali membuat mereka memilih untuk putus sekolah. Jadwal latihan di beberapa agensi bisa mencapai 15 jam sehari. Memang tak semua trainee memutuskan drop out, beberapa tetap berusaha mengimbangi jadal sekolah mereka sebaik mungkin. Hal ini serupa dengan artis Indonesia yang masih mengikuti masa kompetisi, mereka sangat sibuk dengan jadwal latihan, sehingga waktu untuk sekolahpun nyaris tidak ada. Dan disini sebenarnya mereka harus memilih, drop out dari sekolah lalu fokus dengan training sebagai calon artis, atau tetap bersekolah dan training hanya saja harus pintar membagi waktunya.



          Selain berlatih vokal dan dance, para trainee memiliki banyak ‘pekerjaan rumah’ lain yang harus dipenuhi, seperti rutin diet dan mengatur pola makan agar berat badan selalu ideal. Mereka juga dibekali dengan pendidikan seputar etika, bahasa, dan lain lain. Karena untuk menjadi publik figure, mereka harus menjadi sosok yang terlihat sempurna di mata penggemarnya. Selalu memiliki wajah dan tubuh yang ideal adalah hal yang sangat diperlukan. Sebab untuk menjadi artis Kpop yang terkenal di Korea sana, minimal kalian harus mempunyai tampang atau skill. Pilihlah diantara kedua itu. Meskipun pada akhirnya tampang akan menyusul jika kalian mempunyai skill dan sukses dengan itu.


          Setelah mengikuti training, menaati aturan dan berlatih keras, semuanya itu tak menjamin mereka akan didebutkan sebagai artis. Yang sudah menjadi artis pun belum tentu bisa menjalani karir yang langgeng. Dari sekian banyak trainee, hanya beberapa yang berhasil debut. Dan diantara sekian banyak yang telah debut, hanya segelintir yang berhasil eksis dalam waktu yang lama. Seperti Super Junior, Girls Generation yang telah terkenal dalam waktu lama. Meskipun sekarang posisinya hampir direnggut oleh BB dan GB baru seperti BTS, Exo, Blackpink, Twice, dan lain-lain. Tapi hal ini tidak membuat mereka bubar, ELF dan SONE akan terus ada sampai kapanpun.

          Setelah melalui masa trainee, berkompetisi dengan trainee lainnya kemudian berhasil terpilih untuk menandatangani kontrak, ‘kompetisi sesungguhnya’ baru saja dimulai. Mereka harus mampu bersaing di industry hiburan dengan artis dari agensi lain. Bahkan tak jarang seorang artis harus bersaing dengan rekan dari agensi yang sama. Semua harus dilakukan untuk mencapai kepopularitasan yang melonjak tinggi. Cerdas dalam menjalani masa artis sangat diperlukan. Sebab banyak yang saya lihat, mereka para artis Kpop yang dulunya terkenal, sekarang sudah mulai tenggelam dan tidak pernah terdengar kabarnya lagi. Mungkin kalah saing? Mungkin juga ada yang mereka lakukan diluar sana.


          Setelah melalui masa-masa sulit di atas, beberapa idol pun akhirnya berhasil meraih kesuksesan dan popularitas. Semua itu tak lepas dari usaha dan kerja keras yang telah mereka lakukan. Dan untuk mencapai tahap ini tidaklah mudah. Mereka harus melewati tahap-tahap sebelumnya yang terbilang sangat rumit. Ketika mereka telah mencapai tahap kesuksesan & populer. Disana karir mereka yang sebenarnya mengalir. Mereka yang dulunya hidup di keluarga sederhana, kini kehidupannya berubah menjadi mewah. Bagaimana ini bisa terjadi? Semua berkat kerja keras yang mereka lalui hingga bisa mencapai tahap ini.

          Jadi, pandangan kalian tentang menjadi artis kpop itu mudah adalah salah. Mereka mengalami masa yang panjang, dan tak sedikit dari mereka yang terbuang karena tidak berkualitas atau tidak memenuhi persyaratan. Setelah kita mengetahui ini, tentunya menambah kesan suka dengan fandom atau bias kita bukan? Sebab mereka adalah orang hebat yang berhasil lolos dalam seleksi yang rumit ini.

          Jangan lupa untuk melakukan Bookmark pada K-Netizens di browser kesayangan anda agar lebih mudah untuk mengakses K-Netizens. Be smart, be a good K-readers.

Post a Comment Blogger

 
Top