Fakta Tersembunyi Dibalik Dunia Kpop | K-Netizens

0



          Musik Kpop atau Korean Pop satu dekade belakangan ini mulai berkembang dan menyebarkan pengaruhnya di berbagai belahan dunia lain, tak hanya di Asia bahkan sampai ke benua Amerika dan Eropa ikut menjadi sasaran Hallyu Wave ini. Selain berbekal musik yang diaransemen kekinian, pelaku industri musik di Korea juga menganut paham keindahan. Maksud keindahan disini adalah para penyanyi yang nantinya akan diorbitkan harus memiliki wajah yang tampan bagi pria dan juga cantik bagi para wanitanya. Dibalik semua kesuksesan musik Kpop namun nyatanya ada beberapa fakta yang mengerikan yang mungkin sebagian dari anda belum tahu, dan inilah 10 fakta mengerikan tentang musik Kpop

1. Sasaeng
          Apa itu sasaeng? Sasaeng adalah fans yang mengidolakan idolanya secara berlebihan. Biasanya sasaeng ini adalah gadis yang berusia antara 13 sampai 22 tahun. Hal ekstrim yang dilakukan para sasaeng ini adalah membuntuti para idolanya kemanapun idolanya pergi dengan penampilan yang tertutup, para sasaeng ini tak ragu untuk "menyerang" idolanya. Ada satu pengalaman gila yang dialami oleh Yoochun JYJ. Dia menemukan ada CCTV yang terinstal di apartemennya dan belakngan diketahui itu adalah perbuatan sasaeng yang selalu ingin membuntutinya. Wah serem juga yah jadi idol..



2. Anti Fans
          Kehidupan di dunia ini memang layaknya dua sisi koin, di satu sisi ada sasaeng, fans yang terlalu berlebihan mengidolakan idolanya secara berlebihan ada pula anti fans. Perlakuan anti fans juga tak lebih baik dari apa yang dilakukan sasaeng, para anti fans ini seakan memiliki dendam pribadi dengan para idola yang tengah bersinar, tidak diketahui secara pasti apa penyebabnya. Diantara kelakuan anti fans yang ekstrim adalah mengirimkan surat bernada ancaman, pemberian boneka dipenuhi dengan darah dan pemberian aneh lainnya yang mengganggu para idola.



3. Gelar Diploma Tablo
          Siapa yang tak kenal Tablo? Rapper asal Korea member dari Epik High ini juga tak lepas dari skandal. Setelah ia mengumumkan pertunangannnya dengan aktris Kang Hye Jung, banyak fans yang menentangnya, entah apa sebabnya. Selain itu dikabarkan bahwa gelar diploma atau sarjana Tablo yang ia peroleh dari Stanford University adalah palsu dan membuat para fans meradang.



4. Pelecehan Seksual para Trainee
          Bagi banyak wanita muda di Korea, menjadi idola K-pop adalah mimpi. Tapi begitu mereka menandatangani kontrak dengan sebuah perusahaan hiburan, mereka menemukan ada lebih banyak untuk membayar daripada bekerja hanya keras dan ketekunan. Trainee perempuan diperdagangkan oleh broker dan diduga dibawa ke bar dan dipaksa untuk terlibat dalam pekerjaan seks, bahkan ada dari mereka yang masih di bawah umur. Salah satu mantan trainee mengaku dalam sebuah wawancara bahwa tarif untuk "pertemuan" dengan trainee perempuan adalah $ 220 bahkan ada yang rela membayar sampai $ 900. Wow..




5. Tidak Boleh Pacaran
          Yap, beberapa agensi hiburan di Korea menerapkan aturan ini, tetapi ada pula yang lolos dari kejaran media dan adapula yang tertangkap kedapatan pacaran, seperti halnya yang dialami member f(x) Sulli yang kedapatan tengah berkencan dengan seorang pria. Rumor menyebutkan Sulli akan segera mundur dari f(x).




6. Kontrak Perbudakan
          SM Entertainment, salah satu label musik Korea terbesar, telah memiliki serangkaian perlawanan hukum untuk kebijakan kontraknya. Pada tahun 2009, mantan anggota Super Junior Han Geng mengaku bahwa perusahaan memaksa dia untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin ia lakukan di bawah ancaman denda jika ia tidak menaati perjanjian. Pada tahun yang sama, anggota JYJ, yang telah menjadi bagian dari kelompok TVXQ, mengklaim bahwa kontrak SM 13 tahun adalah kontrak hampir seumur hidup, sementara keuntungan yang tidak adil didistribusikan dan mereka bekerja untuk batas fisik mereka dan hanya tidur empat jam sehari



7. Rasisme
          Rasisme masih menjadi persoalan di negeri liberal sekelas Korea Selatan. Salah satunya juga dalam industri hiburan, orang non korea yang bisa masuk ke industri hiburan korea adalah orang orang kulit putih begitupun dengan orang asia hanya yang berkulit putih dan berwajah rupawan yang bisa masuk ke dalam industri hiburan Korea.



8. Industrialisasi Pelatihan
          Beberapa bintang K-pop direkrut di usia muda oleh pencari bakat agensi yang bertugas untuk berkeliaran di sekitar mencari anak-anak yang menarik. Lainnya direkrut melalui ujicoba, baik di Korea maupun luar negeri. Beberapa program televisi mengkhususkan diri dalam hal ini, seperti Superstar K, sebuah kompetisi menyanyi di televisi yang 4 persen dari populasi Korea Selatan mencoba pada tahun 2012.




9. Skandal Nickkhun dan KangIn
          Dua member lain grup, Nickkhun 2PM dan KangIn Super Junior pernah berurusan dengan kepolisian. Keduanya diklaim mengemudi dibawah pengaruh minuman beralkohol, bedanya KangIn harus menjalani wajib militer untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya karena menyebabkan jatuhnya korban. Hal seperti ini sudah bukan hal yang aneh kan, K-readers? Karena banyak warga korea yang mengonsumsi alkohol. Maupun itu hanya karena stress atau sudah menjadi hobi yang biasa dilakukan.


10. Skandal Kim Hyun Joong
          Dan inilah yang baru terjadi beberapa bulan belakangan, leader SS501 dan juga bintang Boys Before Flower Kim Hyun Joong terlibat skandal. Hyun Joong dituduh telah menghamili kekasihnya dan ia tak mau mengakuinya. Namun kekasih Hyun Joong tak mau tinggal diam dan segera melaporkan kasus ini ke pengadilan, selain tuduhan itu, kekasih Hyun Joong juga mengaku mengalami kekerasan fisik yang kerap dilakukan oleh sang leader.



          Jadi, apa yang terlihat belum tentu sesuai dengan fakta sebenarnya kan? Untuk hal ini sebenarnya bukan hanya terjadi di Korea, bahkan disetiap negara pun mengalaminya. Sebagai penggemar, kita hanya terfokuskan pada karya mereka saja yang dirasa cukup baik. Mengenai kepribadian mereka sehari-hari, itu diluar urusan para penggemar. Terkecuali jika penggemar tersebut adalah Sasaeng yang seperti disebutkan diatas.

          Jangan lupa untuk melakukan Bookmark pada K-Netizens di browser kesayangan anda agar lebih mudah untuk mengakses K-Netizens. Be smart, be a good K-readers.


Post a Comment Blogger

 
Top