Makanan Halal Di Korea | K-Netizens

1

Bagi kaum muslim, ada yang mengeluh sulit untuk mendapatkan makanan halal di Korea. Karena sebagian besar makanannya mengandung zat yang tidak boleh di makan oleh muslim seperti babi, dan makanan hewan dua alam lainnya. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk Korea Selatan adalah non muslim. Jadi makanan yang disajikan sebagian besarpun untuk non muslim. Tapi apa mungkin tidak ada makanan untuk penganut muslim? Ada kok, masih ada makanan halal yang dapat di makan, meskipun keberadaannya hanya sedikit, tapi setidaknya lebih baik ketimbang tidak ada bukan? Penasaran? Mari disimak.

Kebab


Kebab memang merupakan makanan asli khas Korea Selatan. Namun jika anda sedang berada di negeri ginseng dan tidak menemukan makanan Korea yang halal, kebab dapat menjadi alternative pengganjal perut. Rasanya juga tidak kalah enak.
Kebab bahan dasarnya ini daging. Dagingnya bisa berupa daging sapi atau daging domba. Tapi jangan khawatir, daging yang digunakan bukan daging yang haram.

Ini karena biasanya kebab ini adalah menu yang disajikan di restoran – restoran Turki yang memang berlabel halal.
Anda dapat menikmati kebab Turki ini di daerah Islamic Street, di sana ada restoran dengan nama ‘Salam’. Restoran ini dibuka setiap hari. Jam operasinya pada pukul 12 siang hingga pukul 10 malam.

Ayam Tandoori

Ayam tandoori juga merupakan menu yang tidak kalah nikmat dan menggugah selera. Ayam tandoori atau juga sering disebut Tandoori Murgh adalah makanan khas dari India.
Bahan utama dari tandoori murgh adalah ayam yang dipadu padankan dengan beberapa bumbu dan juga campuran yogurt.

Jangan khawatir, ayam tandoori yang disajikan di restoran ini adalah makanan yang halal. Di restoran India bernama Wazwan yang letaknya berseberangan dengan Masjid pusat di Seoul.
Restoran India tersebut memang khusus menyajikan makanan – makanan halal dan cocok untuk para pelancong muslim yang memang diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang berlabel halal.

Naan

Naan juga sangat direkomendasikan bagi muslim yang sedang berada di Korea Selatan. Naan ini merupakan sejenis roti yang dibuat dengan campuran roti dan dipanggang di dalam oven.
Sebenarnya naan ini biasa disajikan sebagai teman bersantap bersama ayam tandoori. Naan ini juga biasa digunakan sebagai pengganti nasi oleh masyarakat India.

Bahan utamanya tentu tidak melibatkan daging – dagingan. Hanya tepung terigu serta ragi yang dicampur.
Naan juga bisa ditemukan di restoran Wazwan. Tentu tidak ada salahnya memakan makanan India di negeri Korea. Bahkan ini bisa jadi akan menambah pengalaman kuliner anda.

Biryani

Biryani adalah makanan khas India yang kelezatannya di akui oleh dunia. Bila anda belum sempat ke India dan sedang berada di Korea Selatan, anda bisa menikmati makanan yang sangat lezat satu ini meski di korea.
Bahan utama dari biryani ini adalah nasi khas India yang olah dengan bumbu khusus khas untuk biryani. Disajikan dengan olahan ayam atau daging lainnya seeta bahan pelengkap seperti tambahan sayuran dan bawang bombay.

Anda bisa menikmati masakan yang lezat ini di restoran Wazwan yang berada di Seoul atau di Taj palace jika anda berada di Itaewon atau Yongsan.

Bibimbap



Datang ke Korea Selatan tapi tidak memakan makanan khas Korea Selatan tentu tidak lengkap rasanya. Nah, bibimbap adalah makanan khas dari Korea yang berisi campuran daging dan sayuran.
Sayuran yang digunakan untuk menu bibimbap ini sangat beragam, seperti jamur, timun, taoge, hingga wortel. Untuk mendapatkan bibimbap dengan label halal, anda bisa datang ke restoran Restoran Hanok di Mokmyeoksanbang.

Direstaurant terbebut juga banyak tersedia berbagai masakan khas Korea lainnya berlabel halal dan aman untuk kaum muslim yang tinggal disana maupun turis yang berlibur. Karena makanan ini berisi sayur-mayur segar.

Sup kacang pedas

Sup kacang pedas ini merupakan makanan khas Korea lainnya yang dapat para pelancong muslim nikmati ketika berada di Korea Selatan. Tentu dari namanya kita sudah tau, bahan utama dari makanan Korea satu ini adalah kacang yang diberi bumbu sedemikian rupa sehingga menjadi sup dengan rasa yang pedas.

Sup kacang pedas dengan label halal ini bisa anda nikmati di restoran Shabana. Tidak hanya sup kacang pedas khas Korea saja yang bisa anda nikmati, tetapi makanan – makanan untuk vegetarian lainnya dan dijamin halal.

Saengseon Gui

Saengseon Gui adalah makanan khas Korea yang berbahan dasar ikan, tepatnya ikan makarel. Dalam bahasa Indonesia, saengseon gui ini artinya ikan panggang, namun saat memasak makanan ini ternyata ikan makarel disini tidak dipanggal melainkan digoreng.
Saengseon gui ini merupakan makanan yang khas dari Negara Korea. Patut untuk anda coba, selain halal rasanya juga tidak kalah lezat.

Ikan yang digunakanpun segar, hasil tangkapan nelayan yang langsung di distribusikan di pasar. Oleh karena itu ikan ini tidak akan mengeluarkan bau amis saat di panggang.

Maeuntang

Maeuntang ini juga salah satu makanan tradisional Korea Selatan yang sangat recommended bagi pelancong muslim. Makanan maeuntang ini yang berbahan dasar ikan yang direbus dengan bumbu sedemikian rupa dan memiliki rasa yang pedas.
Makanan ini sangat cocok di musim dingin karena di sajikan di hotplate yang dapat terus menghangatkan makanan meski sedang di konsumsi.

Maeutang menjadi makanan favorite masyarakat korea karena rasa sup yang segar dengan daging ikan yang kenyal semakin menambah nafsu makan saat tubuh terasa beku karena cuaca dingin.

Sundubu Jjgae

Sundubu jjgae merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari tahu dengan kuah dan bumbu yang cukup pedas. Rasa dari sundubu jjgae mungkin akan mudah beradapatasi terhadap lidah kita.
Dan rasanya pun tidak kalah sedapnya dengan makanan – makanan khas Korea lainnya. Selain itu bahan dasarnya yang tidak terdapat daging sangat recommended bagi anda yang sedang mencari makanan halal. Dan sedang melakukan diet karena akan terhindar dari lemak daging dan gi dantikan tahu yang memiliki protein.

Sundubu jjgae ini sangat cocok untuk dinikmati saat musim dingin, rasanya yang pedas dan kuahnya yang hangat membuat sundubu jjgae menjadi pilihan yang tepat.

Doenjang Jjgae


Doenjang jjgae ini termasuk makanan berkuah yang berisi rebusan sayur dan makanan laut atau seafood. Sayuran yang digunakan pun cukup beragam dan tentu in juga bisa dijadikan sebagai santapan yang sehat.

Jadi, masih bingung mau makan apa di Korea? Makanan Korea yang satu ini dijamin halal kok dan juga sehat. Sangat cocok untuk di nikmati kala musim dingin, untuk menghangatkan tubuh yang kedinginan saat salju turun.

Tuna Kimbab

Tuna kimbab ini adalah makanan sejenis sushi yang berasal dari jepang. Bentuknya juga mirip dengan sushi. Tuna yang digulung dengan sushi ini bisa menjadi hidangan utama makan siang anda.
Rasanya? Jangan ditanya soal rasa, banyak orang yang sudah menjadikan tuna kimbab ini sebagai makanan favorit mereka.

Anda mau coba? Silahkan datang ke Korea Selatan untuk bisa mencicipi rasa otentik dari tuna kimbab ini.

Haemul Pajeon

Haemul pajeon juga adalah makanan khas Korea Selatan yang patut anda coba saat mengunjungi negera tersebut. Makanan khas yang satu ini bentuknya mirip pancake.
Adonannya dicampur dengan bahan makanan laut lalu dibuat seperti pancake. Dari bahan baku yang digunakan, makanan ini memang sangat recommended bagi muslim yang melancong ke negeri ginseng.

Layaknya martabak di Indonesia, Haemul Pajeon menjadi kudapan yang cocok dalam suatu perayaan di Korea. Makanan yang berisi toping gutita maupun cumi ini menjadi makanan yang patut untuk di coba.

Jjampong

Jjampong ini berisi mie yang diolah dengan seafood seperti cumi dan udang. Rasa kuahnya pedas dan kaya akan rempah. Dan rasa keseluruhan dari si mie kuah pedas seafood ini sangat menggugah selera.
Dan bahan dasarnya pun mengindikasikan makanan ini adalah makanan yang halal karena tidak ada bahan seperti daging babi yang biasa digunakan pada makanan Korea lainnya.

Karena masyarakat Korea yang gemar mengkonsumsi makanan pedas, maka Jjampong ini bercitarasa pedas asam manis, sesuai dengan citarasa makanan seafood. Namun jangan khawatir bagi anda yang tak menyukai makanan pedas, karena kuah kaldu yang dihasilkan berwarna merah, tak menjamin makanan ini akan terasa begitu pedas, ini berasal dari bumbu yang bercampur dengan pasta bumbu asli korea.

Tteokbokki

Tteokbokki ini di Indonesia sering disebut dengan nama kue beras pedas. Tepung beras atau tteokbokki yang sudah dibuat menjadi potongan persegi panjang yang dengan ukuran sedang direbus dengan kuah khas tteobokki dengan rasa pedas.

Sangat cocok untuk dijadikan camilan, apalagi jika sedang musim panas atau musim dingin. Dan yang terpenting, tteokbokki termasuk makanan yang halal. Selain mudah untuk dibuat, makanan ini menjadi favorite para remaja di Korea, bahkan telah menjadi cemilan wajib saat kumpul bersama keluarga maupun teman.

Hobakjuk


Ingin mencoba makanan Korea yang lain dari yang lain? Mungkin hobakjuk sangat cocok untuk memenuhi selera makan makanan Korea anda. Hobakjuk ini sejenis bubur yang menggunakan labu sebagai bahan dasarnya.

Sekarang ini di Korea Selatan sudah banyak tersedia restoran – restoran yang menyediakan makanan yang halal. Karena Korea Selatan sudah menjadi destinasi favorit warga dunia.

Pemerintah Korea pun sudah cukup proaktif dalam mengatasi masalah yang dihadapi banyak pelancong muslim. Dengan adanya banyak makanan halal yang sudah tersedia, anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi mencari makanan halal.

Sekarang tidak perlu bingung lagi untuk mencari makanan halal di Korea kan? Pesan dari admin sendiri, teliti dahulu sebelum membeli makanan, perhatikan dengan baik bahan dasar makanan tersebut.

Jika kalian suka dengan postingan ini, kalian bisa membagikannya kepada teman kalian, siapa tau mereka lebih membutuhkan untuk hal ini.

Post a Comment Blogger

  1. Terimakasih, sangat membantu saya memilih makanan halalan toyyiban. Semoga menjadi amal sholeh buat penulis.

    ReplyDelete

 
Top